https://www.facebook.com/100070139460498/posts/235650845449563/
Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Di masa Imam Abu Hanifah masih kecil, sekitar umur 7 tahun, terdapatlah seorang ulama yang yang memiliki ilmu luas dan tiada bandingannya pada waktu itu namanya Dahriyyah.
Seluruh ulama pada waktu itu tak mampu menandinginya disaat berdebat, terutama dalam bab tauhid, oleh karena dialah yang merasa pintar,
maka muncullah sifat kesombongannya bahkan na’udzubillah akhirnya ia berani mengatakan bahwa ALLAH itu tidak ada, sayangnya para ulamapun tak mampu mengalahkan dia dalam berdebat,
lalu pada suatu pagi dikumpulkanlah para ulama disuatu majlis milik Syaikh Himad guru Imam Abu Hanifah, dan hari itu Abu Hanifah yang masih kecil hadir dimajlis itu.
Maka Dahriyyah naik kemimbar dan berkata dengan sombongnya.
Dahriyah :
Siapakah diantara kalian hai para ulama yang akan sanggup menjawab pertanyaanku?
Sejenak suasana hening, para ulama semua diam, namun tiba-tiba berdirilah Abu Hanifah dan berkata,
Abu Hanifah :
Omongan apa ini ? maka barang siapa tahu pasti ia akan menjawab pertanyaanmu.
Dahriyyah :
Siapa kamu hai anak ingusan, berani kamu bicara denganku, tidakkah kamu tahu, bahwa banyak yang berumur tua, bersorban besar, para pejabat, para pemilik jubah kebesaran mereka semua kalah dan diam dari pertanyaanku, kamu masih ingusan dan kecil badan berani menantangku!
Abu Hanifah :
ALLAH tidak menyimpan kemuliaan dan keagungan kepada pemilik sorban yang besar dan para pejabat, dan para pembesar, tetapi kemuliaan hanya diberikan kepada Al Ulama.
Dahriyah :
Apakah kamu akan menjawab pertanyanku?
Abu Hanifah :
Ya aku akan menjawab pertanyaanmu dengan taufiq ALLAH.
Dahriyyah :
Apakah ALLAH itu ada?
Abu Hanifah :
Ya ada.
Dahriyyah :
Dimana Dia?
Abu Hanifah :
Dia, tiada tempat bagi Dia.
Dahriyyah :
Bagaimana bisa disebut ada bila Dia tak punya tempat?
Abu Hanifah :
Dalilnya ada dibadan kamu yaitu ruh, saya tanya, kalau kamu yakin ruh itu ada, maka dimana tempatnya? Dikepalamu, diperutmu atau dikakimu?
Dahriah diam seribu bahasa dengan muka malu.
Lalu Abu Hanifah minta air susu pada gurunya Syaikh Himad, dan ia bertanya pada Dahriyyah.
Abu Hanifah :
Apakah kamu yakin didalam susu ini ada manis?
Dahriyyah :
Ya saya yakin disusu itu ada manis.
Abu Hanifah :
Kalau kamu yakin ada manisnya, saya tanya apakah manisnya ada di bawah, atau ditengah, atau di atas?
lagi lagi Dahriyyah diam dengan rasa malu,
lalu Abu Hanifah menjelaskan :
seperti ruh atau manis yang tidak memiliki tempat, maka seperti itu pula tidak akan ditemukan bagi ALLAH tempat di alam ini baik di arsy atau dunia ini.
Lalu Dahriyyah bertanya lagi.
Dahriyyah :
Sebelum ALLAH itu apa dan setelah ALLAH itu apa?
Abu Hanifah :
Tidak ada apa-apa sebelum ALLAH dan sesudahnya tidak ada apa-apa.
Dahriyyah :
Bagaimana bisa dijelaskan bila sebelum dan sesudahnya tak ada apa-apa?
Abu Hanifah :
Dalilnya ada di jari tangan kamu, apakah sebelum jempol dan apakah setelah kelingking? Dan apakah kamu akan bisa menerangkan jempol duluan atau kelingking duluan?
Demikianlah sifat ALLAH. Ada sebelum semuanya ada dan tetap ada bila semua tiada. Itulah makna kalimat Ada bagi hak ALLOH.
Lagi-lagi Dahriyyah dipermalukan, lalu ia berkata,
Dahriyyah :
Satu lagi pertanyaanku yaitu, apa perbuatan ALLAH sekarang ini?
Abu Hanifah :
Kamu telah membalikan fakta, seharusnya yang bertanya itu di bawah mimbar dan yang di tanya di atas mimbar.
Akhirnya Dahriyyah turun dari mimbar dan Abu Hanifah naik ke atas mimbar.
Dahriyyah :
Apa perbuatan ALLAH sekarang?
Abu Hanifah :
Perbuatan ALLAH sekarang adalah menjatuhkan orang yang tersesat seperti kamu kebawah jurang neraka dan menaikan yang benar seperti aku keatas mimbar keagungan.
Maha suci ALLOH yang telah menyelamatka Aqidah ahli sunnah wal jamaah melalui anak kecil.
Sumber : 📖
Kitab Fathul Majid karya Syeikh Muhammad Nawawi bin Umar Al Banteniy Al Jawi Asy Syafi’i.
Komentar
Posting Komentar